PENGANTAR MANAJEMEN

  1. Pokok-Bahasan-Pengantar-Manajemen-2016-2017
  2. Pengantar-Manajemen-2016
  3. PENGANTAR MANAJEMEN 2015
  4. MANAJEMEN PERUBAHAN 2015
  5. Change Management 2016
  6. KECERDASAN SOSIAL UNTUK MEMBANGUN ORGANISASI YANG EFEKTIF
  7. MANAJEMEN-KRISIS
  8. Manajemen-Syariah 2016
  9. Leadership
  10. Pengantar Manajemen
  11. MANAJEMEN KEUANGAN.pdf
  12. Time Value of Money Concept
  13. Pengantar Manajemen Keuangan
  14. Analisis Laporan Keuangan Final
  15. PENGANTAR MANAJEMEN SISTEM INFORMASI
  16. Pengantar-Manajemen-Sumber-Daya-Manusia 2016
  17. Pengantar Manajemen SDM 2015
  18. Pengantar manajemen-produksi
  19. MANAJEMEN DAN ORGANISASI2.pdf
  20. Manajemen dan organisasi1.pdf
  21. Pengantar Manajemen Pemasaran.pdf
  22. Pengantar Manajemen Pemasaran. 2015
  23. MANAJEMEN PRODUKSI.pdf
  24. Akuntansi dan Laporan Keuangan.pdf
  25. BISNIS INTERNASIONAL
  26. Kepemimpinan (Wikipedia)
  27. MOTIVASI
  28. PENGAWASAN DALAM MANAJEMEN
  29. WEWENANG DAN KEKUASAAN
  30. DELEGASI WEWENANG
  31. GAYA KEPEMIMPINAN DAN PRODUKTIVITAS
  32. DASAR-DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN_2016
  33. ISO 14001
  34. MANAJEMEN MUTU TERPADU
  35. Manajemen Jasa
  36. MANAJEMEN YANG EFEKTIF
  37. ETIKA DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL
  38. Etika-bisnis-dalam-perspektif-islam-2017
  39. Business Management
  40. PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN

171 thoughts on “PENGANTAR MANAJEMEN

  1. Assalamualaikum Pak Zainul
    .Pak mau tanya tetang saham…
    Jika kita membeli saham pada PT.X namun beberapa bulan setelah pembelian perusahaan tersebut mengalami kebangkrutan, bagaimana solusi untuk mengatasi hal tersebut pak, jika kita menjual saham PT.X kita akan rugi besar ?

    • Waalaikumusalam,Mas Ricky.
      Ilustrasi kasus yang anda sajikan merupakan jawaban dari sebuah pepatah “HIGH RETURN HIGH RISK”, kasus tersebut menginngat kita bahwa setiap investasi pasti ada untung dan ada rugi, untung tinggi pasti risiko nya juga tinggi. Nah kembali pada kasus yang anda sajikan, jika perusahaan bangkrut dalam arti kata PAILIT, maka kita tinggal menunggu hasil penjualan aset perusahaan, ini biasanya membutuhkan waktu yang lama, jika uang hasil penjualan aset setelah dipotong utang, maka sisa nya akan dibayarkan ke semua pemegang saham, termasuk anda yang pegang saham perusahaan tersebut. Untuk lebih jelasnya mari kita diskusikan di kelas. Ok.

      Salam,
      Admin

  2. pak apa ada materi tentang komuikasi,saya dapat tugas tentang komunikasi intelektual dan kesulitan mencari bahanya
    terima kasih atas jawabanya

  3. asalam wr.wb…
    pak menurut anda lebih baik mana berbisnis usaha xg sedang banyak diminati orang atau bisnis xg sedang Ramai dicari Orang tp kita tdak Ada kegemaran di bidang bisnis itu…. dan yg ke 2 kita jalan dalam bisnis xg kita gemari tp bisnis itu kurang diminati orang

    • Waalaikumusalam Wr Wb.
      Yth mba Evika

      Bisnis yang tidak pernah mati adalah bisnis yang disukai konsumen, jadi suka atau nggak suka sebagai seorang pebisnis harus berorientasi ke konsumen. Konsumen merasa puas, pasti akan mencari produk kita. Di jamin 100% konsumen akan balik beli lagi.
      Salam Super dan Salam Sukses selalu.

  4. assalamualaikum wr wb….pak saya mau bertanya, Menurut anda Dalam Membangun usaha misalkan membuat warung makan ,butik… selain tempat xg stategis hal apa lagi xg harus di perhatikan agar Usaha kita lebih dikenal Orang secara sekarang dimana mana kan terdapat usaha semacam … makanan.. dan butik itu sudah banyak sekali pak…

    • Kunci sukses bisnis online antara lain:
      Selalu belajar baik formal maupun non formal.
      Mengoptimalkan internet
      Memperbanyak NETWORKING (Ini aku ngutip dari Mr Robert Kiyosaki)
      Salam Super Dahsyat dan Salam Sukses Selalu.
      Admin

  5. Assalamualaikum pak saya tanya ketika kita mau buka bisnis langkah awal apa yang harus kita lakukan dalam melakukan bisnis tsb?

    • Waalaikumussalam Wr Wb.
      Yth mas Ahmad Sobir.

      Langkah pertama mengawali bisnis, Riset pasar, jika peluang pasarnya sudah ada baru kita jalani bisnis nya.
      Demikian semoga bermanfaat.

      Salam,
      Admin

  6. Assalamualaikum pak zainul pak tanya bagaimana cara kita memulai usaha di bidang kuliner ? Seiring dg kemajuan jaman kan banyak bisnis kuliner yg kretif ini sya punya ide mkanan kuliner kripik ayam goreng kan di malang kayaknya jarang la untuk memulainya itu gimana? Terimakasih

    • Waalaikumusalam Wr Wb.

      Bisnis kuliner diakui sangat menguntungkan, jika tahu persis selera konsumen. Ide baru diperlukan Test Uji rasa, Coba bikin Sample lalu di uji cobakan ke network kita (Bisa ke keluarga, teman, atau test jual di KOPMA kita) jika ada respon positif mulailah melangkah membuat produknya, dikemas dengan baik, lalu dijual.
      Selamat mencoba.
      Salam Super Dahsyat dan Salam Sukses Selalu.
      Admin

    • Selamat pagi
      Yth mas Rudi

      Yang harus kita pertimbangkan sebelum membuka usaha antara lain.
      1. Survey pasar yang berhubungan dengan usaha yang akan kita jalani. (syarat peluang pasarnya masih besar permintaan pasar cukup banyak).
      2. Pahami dan pelajari secara mendalam produk/jasa yang sudah beroperasi lebih dulu, jika usaha tersebut adalah hasil inovasi atau ciptaan baru (bisa di patenkan).
      3. Optimalkan network marketing.
      4. Belajar kepada orang yang menekuni usaha yang dipilih.
      Demikian semoga bermanfaat.

      Salam Super Dahsyat dan Salamu Sukses Selalu
      Admin

  7. Assalamu alaikum pak Zainul. Untuk mempraktekkan Materi kuliah Pengantar Bisnis di semester lalu, Saya mencoba membuatkan Usaha Loundry untuk istri saya di rumah pak. Namun usaha tersebut saya rasa pertumbuhannya lambat. Hal apa yg bisa saya sampaikan kpd istri saya untuk memotifasinya? (Kita tinggal terpisah, sy di Kota M, krn bekerja. Istri sy di Kota L, krn anak2 sklh di sana).

    • Waalaukumusalam Wr Wb.

      Selamat ya usaha laundrynya sudah jalan walaupun lambat.
      Yang penting kita bisa memanjakan pelanggan lambat tapi pasti usaha akan berkembang. Agar pelanggan mau balik ke kita salah satu cara.
      Catat tanggal dan bulan kelahiran pelanggan, pas dia mau laundry dan pas ulang tahun beri bingkisan misalnya makanan ringan, permen atau apa saja.
      Insyaallah mereka akan balik lagi.
      Salam Sukses Selalu.
      Admin

  8. Assalamualaikum wr.wb.
    pak terkait dengan bagan di ppt pengantar manajemen bag.lingkunagan organisasi di blok bapak ,saya kurang paham yang di maksud dengan lingkungan tugas.mohon penjelasannya ya pak?terima kasih….

    • Selamat siang
      Yth mba Eni Sri Lestari

      Lingkungan tugas (Task Environment) merupakan lingkungan secara langsung berpengaruh terhadap operasional perusahaan, manakala perusahaan mau membeli bahan baku, maka ia akan sangat tergantung ada tidaknya pemasok, dan mana kala ia menjual, maka ia sangat tergantung dengan pembeli (artinya pembeli mau beli atau tidak) belum lagi adanya pesaing, jika pesaing menurunkan harga, secara tidak langsung akan mempengaruhi omset penjualan bagi perusahaan yang saling bersaing, manakala kita membutuhkan tenaga kerja yang kita butuhkan, maka perusahaan akan berhadapan dengan pasar tenaga kerja, dan bahkan mungkin akan mengalami pembajakan karyawan oleh pesaingnya. Jadi lingkungan tugas meliputi. pesaing, pemasok, pasar tenaga kerja dan pelanggan.
      Demikian semoga bermanfaat.
      Salam Super Dahsyat dan Salam Sukses Selalu.
      Pak Zainul

      • Terima kasih atas penjelasannya pak….penjelasan serta blok bapak sangat membantu dalam mengerjakan tugas dan memahami masalah terkait dengan manajemen…

    • Waalaikumusalam Wr Wb.
      Yth mas Rudi

      Usaha percetakan yang sudah maju, UTERO, AKENO (dpn Univ brawijaya) dan banyak lagi, Bisnis percetakan akan lebih maju jika ada inovasi bukan hanya terima order cetak aja, tetapi di anekaragamkan misalnya jual stationary, mencetak buku, jasa desain, neonbox advertising, dll. Peluang cetak-mencetak banyak terbuka lebar. Tip pemasaran sukses bisa lihat di https://zainulmuchlasstieasia.wordpress.com/about/ PURPLE COW FENOMENA
      Selamat berkarya, Salam Super Dahsyat dan Salam Sukses Selalu.

      Admin

  9. assalamualaikum pak , saya mau tanya tentang kepemimpinan. apakah kepemimpinan dapat merubah sifat dan prilaku seseorang, faktor apa sajakah yang mempengaruhinya dan bagaimana cara menyikapinya.terimakasih ?

    • Assalamualaikum Wr Wb.
      Yth mas Abdul Gani

      Kepemimpinan (Leadership) itu sikap dan juga perilaku dari seseorang, jadi seseorang bersikap memimpin dari jiwa dalam dirinya, Dalam kehidupan sering kita jumpai seseorang secara tidak langsung di daulat jadi pemimpin karena sikap dan perilakunya bisa menginspirasi orang lain, namun pemimpin berbeda dengan manajer. manajer melaksanakan fungsi manajenen Planning, Organizing Actuating dan Controlling, sedangkan Pemimpin fungsinya memotivasi, menginspirasi dan juga menjadi panutan banyak orang. Untuk lebih jelasnya lihat ppt saya di BLOG ini dengan judul Leadership.

      Demikian semoga bermanfaat.
      Terima kasih
      Salam
      Admin

  10. Assalamuallaikum Pak Zain,
    pak, terkait dgn bagan di ppt pengantar manajemen yang bagian MANFAAT PERENCANAAN point 2 itu di sebutkan “membantu kristalisasi persesuaian pada masalah-masalah utama”, sy msh kurang paham, mohon penjelasannya ya pak..
    terima kasih..

    SALAM SUPER !!!

  11. assalamualaikum bapak zainul muchlas ,saya mau tanya apakah kepemimpinan dapat merubah sifat, sikap, dan prilaku seseorang ?..,faktor apa saja yang menyebabkannya dan cara menanganinya gimana …..?

    • Waalaikumusalam. Wr Wb.
      Kepemimpinan adalah sifat, sikap dan perilaku seseorang jadi sudah pasti kepemimpinan bukan dapat merubah tetapi kepemimpinan itu merupakan pencerminan dari sikap, sifat dan perilaku seseorang.Faktor yang berkaitan kepemimpinan bisa dari Usia, jenis kelamin, Tipe otak kiri atau otak kanan, daya kognitif, daya afektif dan psikomotorik seseorang.
      Karena kepemimpinan bukan suatu masalah tidak perlu ditangani tetapi dikembangkan dengan cara melalui ikut dalam keorganisasian, ikut seminar, kuliah diskusi dan lain-lain.
      Demikian semoga bermanfaat.
      Salam Super Dahsyat dan Salam Sukses Selalu.

      • tetapi banyak pemimpin yang bersikap semana-mena diakrenakan dirinya mempunyai jabatan yang lebih tinggi pak…?

      • Selamat pagi
        Yth mas Gani.

        Ya saya setuju pendapat Anda, yang mendasar adalah pemahaman antara MANAGER VS LEADER (JAWABAN SAYA SUDAH ADA DI BLOG INI LIHAT PADA TEMA LEADERSHIP) seorang manajer hanya menjalankan tugas dengan mendapatkan kekuasaan untuk mencapai tujuan tugas tersebut, sebaliknya seorang leader (Pemimpin) mampu menggerakkan orang, mempengaruhi orang untuk melakukan sesuatu. Pada kenyataan bisa saja seorang manajer tetapi bukan leader atau sebaliknya seorang leader tidak menjadi manajer. Seorang manajer mengemban tugas POAC (DO THINGS RIGHT) sedangkan Leader melakukan DO THE RIGHT THINGS. Nah akhirnya mengapa ada manajer berubah sikap, kita mengira ia leader ternyata bukan, ia hanya untuk memperjuangkan kepentingan sendiri sehingga berperilaku arogan, sewenang-wenang terhadap bawahan.
        Demikian semoga bermanfaat.
        Salam Super Dahsyat dan Salam Sukses Selalu.
        Admin.

  12. assalamuallaikum pak zainul,
    terkait bagan di ppt pengantar manajemen bagian MANFAAT PERENCANAAN poin 2 di sebutkan “membantu kristalisasi persesuaian pada masalah-masalah utama” disitu sy msh krg paham, itu maksutnya gmn, kalau misalkan di aplikasikan ke dunia kerja itu gmn pak contohnya, mohon penjelasannya..
    terima kasih paaakk… (Nike Novita Jurusan Manajemen)

    • Waalaikumusalam Wr Wb.
      Yth mba Nicke Novita

      Maksudnya, dalam kerja tim harus ada penyamaan persepsi, adanya perencanaan akan mempermudah proses penyamaan persepsi (kristalisasi) dalam masalah utama yang terjadi selama proses pelaksanaan sebuah perencanaan. Misalnya. Jika anda tergabung dalam tim pemasaran ke wilayah rawan kriminal, maka rencana pemasaran anda harus disesuaikan dengan keadaan yang ada, jika tidak kita akan mendapatkan problem, karena penyusun rencana biasanya mempertimbangkan situasi yang normal-normal aja.
      Demikian semoga bermanfaat.
      Salam Super dan Salam sukses Selalu.
      Admin

      • tks bapak penjelasannya πŸ™‚
        saya mau nanya lagi pak, jika Kepemimpinan adl sifat, sikap dan perilaku seseorang, dan kepemimpinan itu tdk merubah tetapi merupakan pencerminan dari sifat, sikap dan perilaku seseorang tsb, tapi saya masih sering menjumpai seseorang yang sebelum jadi pemimpin sifat, sikap dan perilakunya sangat dominan akan kebaikannya, dan setelah jd pemimpin (katakanlah manajer) dia bisa berubah 180 derajat sikap dan semuanya apalagi kpd bawahannya. Nah, faktor apa saja yang menyebabkan orang itu berubah? apakah kekuasaannya atau target atau apa pak??

        terima kasih…

      • Selamat pagi
        Yth mba Nike.
        Pertanyaan yang sangat menarik, membahas tentang manajer dan pemimpin kita mesti tahu beda peran mereka (lihat di blog ini tema Leadership disana dijelaskan perbedaan antara manager dengan leader) Kenyataannya kita ini berhadapan dengan Seorang Manajer yang tidak punya kemampuan leadership, sehingga kita salah menilai, dulunya sangat baik sekarang menjadi monster yang menakutkan. Nah penyebabnya sangat jelas, jika ia hanya manajer tanpa punya kemampuan leadership (kepemimpinan) akibatnya seperti yang kita lihat setiap keputusannya hanya berpihak pada kepentingan sendiri atai kelompoknya.
        Demikian semoga bermanfaat.
        Salam Super dan Salam Sukses Selalu
        Admin

  13. lalu bagaimana cara mengahadapi atau menyikapi seorang manajer yg seperti itu pak jika sekarang posisi kita jadi bawahannya misalkan???

    terima kasih..

    • Perlu diingat bawahan tidak harus perang dengan atasan, ada pepatah BOS TIDAK PERNAH SALAH, Jadi sikap anda tunjukkan kinerja Anda secara optimal dan Profesional. Fokus pada pekerjaan, jika anda mikirkan sikap Bos, energi anda habis hanya untuk mikirkan itu, Biasanya Bos seperti itu paling takut dengan Istrinya, Silahkan adakan kejutan ke istrinya (Bos anda masih single atau berkeluarga) atau lakukan apa saja biar lebih akrab dengan istrinya, Jika bos tahu anda akrab dengan istri, bos nggak bakalan berani dengan anda. (Ini hanya skenario satu cara, dan banyak cara lainnya)
      Salam Super Dahsyat dan Salam Sukses Selalu.

      Admin

  14. Assalamualaikum pak Zainul
    pak saya mau tanya terkait materi pengantar manajemen pemasaran yang dimaksud dengan “people dan Physical evidence dalam marketing mix itu bagaimana ya? mohon dijelaskan!
    terimakasih

    • Waalaikumusalam, Wr Wb.
      People artinya tenaga kerja yang ada dalam perusahaan jasa harus memmiliki kemampuan yang sesuai dengan bidang usaha jasanya. Misalnya Perusahaan Asuransi, tenaga kerja nya harus ahli dibidang per asuransian. Sedangkan Physical Evidence artinya ada bukti physik seperti Gedung, Armada mobil, dll.
      Demikian semoga bermanfaat.
      Salam Sukses Selalu.
      Admin

  15. malem pak zainul, sy mau tanya materi manajemen investasi dan portofolio untuk tugas kuliah dimana bisa saya pelajari, soalnya saya bingung nyari diblog ini, thank’s atas waktunya dan sukses buat blog ini..

  16. Pingback: Download Materi |

  17. Selamat malam, Pak. Selama saya kuliah di ASIA saya tidak banyak menemui dosen yang memiliki website dan memposting materi kuliahnya. Saya sangat mengapresiasi bapak dan dengan adanya website ini saya dapat belajar lebih banyak dan lebih baik. Selain itu, saya juga dapat mempelajari mata kuliah lain yang belum maupun tidak saya pelajari dari website bapak ini. Terima kasih, Pak.

  18. Selamat Siang
    Yth Bpk Zainul Muchlas

    Saya ingin bertanya, Pak. Kelompok saya mendapatkan materi presentasi ‘Koordinasi’, Pak. Setelah saya lihat di web Bapak ini, saya tidak menemukan materi yang berkaitan dengan koordinasi. Apakah kami harus mencari referensi materi dari kelompok lain, Pak.
    Terima kasih.

  19. Assalamu’alaikum . . pak zainul saya mau tanya… Perencanaan itu memiliki manfaat, salah satunya membantu kristalisasi persesuaian pada masalah-masalah. Itu maksudnya apa ya pak, dan contohnya itu seperti apa.
    Terima kasih

  20. ASSALAMUALAIKUM…
    Salam super pak..
    Saya mau tanya yang dimaksud pengawasan concurrent itu apa ya pak?? Dan bagaimana penerapannya dalam keseharian??

    • Waalaikumusalam Wr Wb
      Yth mba Fitri

      To the point Arti Pengawasan Concurrent (concurrent control)
      Yaitu pengawasan β€œYa-Tidak”, dimana suatu aspek dari prosedur harus memenuhi syarat yang ditentukan sebelum kegiatan dilakukan guna menjamin ketepatan pelaksanaan kegiatan. Contoh nya target 100 unit. Pertanyaan kepada pelaksana target anda tercapai atau tidak? Jika jawab ya, bisa dilanjutkan jika di jawab tidak, maka di evaluasi mengapa terjadi tidak tercapainya target. Lalu dicari solusinya.
      Demikian semoga bermanfaat.

      Salam Sukses Penuh Berkah
      Admin

  21. Assalamualaikum pak, ternyata comment saya kemarin belum masuk ya pak 😁 Pak saya mau tanya, apa tugas dari general manager? Kenapa harus ada GM, bukankah manager setiap divisi lebih efektif? Terima kasih sebelumnya pak

  22. Assalamualaikum bapak. Terima kasih pak, blog nya bapak sangat bermanfaat sekali dan juga bisa membantu memudahakan saya dalam belajar pengantar manajemen ini 😊

  23. Assalamualaikum pak. Terimakasi ya pak blog nya bapak sangat bermanfaat sekali. Dan juga memudahkan saya dalam mempelajari pengantar manajemen ini. Tidak perlu cari dimana-mana ya pak. Sekali buka blog nya bapak lasung ada semua yang berhubungan dengan pengantar manajemen ini. Sangat lengkap 😊😊

  24. selamat siang pak saya mempunyai ide bisnis dan juga sudah saya rencanakan dan juga sudah saya konsultasikan kepada beberapa teman,namun saya masih bingung dengan modal, bagaimana cara” mendapatkan modal atau investor untuk bisnis yg sudah saya rencanakan mohon bantuannya

  25. assalamualaikum.
    trimakasih pak atas tersedianya materi online, saya jadi bisa belajar dimana saja dan kapan saja

  26. ASSALAMUALAIKUM.
    pak saya mau tanya.
    mengenai materi pengarahan.
    apakah pengarahan itu harus selalu berkaitan dengan motivasi ??

  27. pak saya mau tanya.
    contoh komunikasi pada organisasi publik dan swasta ? contohnya seperti apa saja pak ?
    mohon penjelasannya.

    • To the point
      Komunikasi pada organisasi publik, adalah komunikasi yang di lakukan oleh organisasi publik seperti Pemkot, Kantor Gubernuran, KPK, Kantor DPR, contoh komunikasinya, pemkot meregulasi cukai rokok dengan mengadakan kampanye anti cukai ilegal (contoh pemkot Malang Pak Anton memasang banner di setiap ujung jalan protokol di malang). Ahok melakukan kampanye program rumah murah di jakarta. via instagram dan lain-lain.
      Komunikasi organisasi swasta ( disini ada dua yaitu organisasi profit dan nirlaba) komunikasi organisasi profit, contohnya iklan di sosial media, iklan di media koran, banner, baliho, pameran, event lomba, dll, organisasi yang nirlaba, Yasasan, panti asuhan, LSM tim SAR, dll, komunikasinya kampanye anti korupsi, kampanye anti narkoba, kampanye anti KDRT, kampanye perlindungan binatang langka dll.
      Demikian semoga bermanfaat.
      Salam
      Admin

      • menurut bapak.
        efektifitas komunikasi publik di indonesia itu seperti apa ??

      • Efektivitas komunikasi publik di Indonesia artinya bisa beragam tergantung situasi dan kondisi, Contoh untuk menyadarkan pengemudi sepeda motor pakai helm, cocoknya diadakan Razia Helm, untuk bayar pajak, cocoknya himbauan melalui pemasangan banner di jalan protokol, atau Amnesty pajak, atau pemutihan pajak, Pemberantasan narkoba, cocoknya penangkapan bandar narkoba lalu dihukum terberat (hukuman mati). Pada dasarnya komunikasi publik itu bagaimana pemerintah menyampaikan program-programnya ke masyarakat dan terbukti bisa tercapai dengan baik program pemerintah tersebut. Masih banyak lagi conothnya. mungkin tema ini baik untuk bahan test di kelas.
        Demikian semoga bermanfaat.
        Salam
        Admin

  28. Pak, saya mau bertanya ?
    1. Bagaimana mengatasi karyawan yang selalu trouble handle dan karyawan ini adalah senior dan membuat karyawan lain juga mengikutinya?
    2. Bagaimana strategi mengatasi karyawan yang sulit untuk di pimpin, dan tidak mengikuti kebijakan yang telah di sepakati bersama?

    • Selamat sore
      Yth mba Arik

      1. Kasus karyawan senior yang berpengaruh tp suka trouble handle, ini sangat merugikan perusahaan, harus ditindak tegas dengan menggunakan surat peringatan (SP), setelah SP ke tiga maka dengan dasar peraturan perusahaan keryawan ybs di PHK dengan pesangon yang wajar. Atau keryawan ybs di periksakan ke dokter, apa kata dokter kita sampaikan ke karyawan tsb. Mungkin faktor usia, shg sering trouble handle, atau hal lain, Artinya perusahaan ada bahan untuk menangani masalah tsb.
      2. Banyak kasus seperti itu, karyawan “Bandel” sebutannya, Perusahaan pasti punya kebijakan, jika kebijakan dinilai kurang akomodatif dengan karyawan, bisa diadakan dialog untuk mencari solusinya. Analisa saya mungkin karyawan tersebut tidak cocok di devisi tersebut, bisa dilakukan mutasi jabatan, atau di test dengan cara diberi tugas yang menurut amatan dia mampu mengerjakan dengan syarat dia harus bisa menyelesaikan tugas tersebut walaupun dalam pelaksanaan tugas tidak mengikuti kebijakan yang ada, Ini karyawan Tipe Y, nggak suka diatur tetapi dia punya skill yang baik untuk JOB yang dia emban.
      Demikian semoga bermanfaat.

      Best Regards
      Admin

      • Pak saya mau menyanggah pertanyaan no 1

        Jika konsultasi ke dokter pastinya kejiwaan jika faktornya dari lingkungan kerja yang kurang nyaman / lingkungan ekstern yang terjadi bully, geng, ego masing karyawan bagaimana pak…

      • La iya, khan akibat lingkungan kerja yang kurang nyaman, di bully, geng bahkan premanisme, membuat ybs stress, bahkan depresi, perlu di periksakan ke dokter atau bahkan perlu direhabilitasi jangan-jangan terdampak narkoba, perusahaan harus minta bantuan tim kesehatan atau psikiater untuk menangani masalah ini.
        Tema ini memang sering dialami beberapa perusahaan atau organisasi. Dan cara penanganannya pada kasus yang sama belum tentu penanganannya sama. Sangat variatif. Contoh di kelas, salah satu mhs suka membuat ribut, bagi dosen yang berfikir praktis cukup mempersilahkan mhs tsb keluar dari ruang kuliah, tapi bagi dosen yang luwes, bisa saja mhs tersebut diberi pertanyaan yang agak sulit, jika mhs tsb mampu menjawab bisa di apresiasi dengan cara diberi hadiah.
        Demikian semoga bermanfaat.
        Salam
        Admin

  29. Selamat sore Pak Muchlas. Mau bertanya untuk management perubahan. Bagaimana kita sebagai orang dalam struktur organisasi mengimplementasikan Konsep dasar perubahan keorganisasian ?. Terimakasih.

    • Selamat pagi
      Yth Mas Yanuar.

      Implementasi manajemen perubahan, pada dasar nya hanya pada KOMITMEN PADA SEMUA STAKEHOLDER, artinya semua elemen yang terlibat dalam organisasi wajib mendukung implemenasi manajemen perubahan tersebut. Contoh perusahaan berfokus pada Kepuasan Konsumen (Envisioning), lakukan sosialisasi ke seluruh bagian (Activating), berikutnya siapkan segala sumber daya yang ada (Supporting), Jika segala hal sudah oke jalankan (Installing), yakni proses eksekusi program yang telah dicanangkan sejak awal (Kepuasan Konsumen). Ketika program lagi jalan, pastikan program berjalan sesuai rencana (Ensuring), dan yang terakhir Recognizing, identifiaksi di lapangan, jika ada problem, dievaluasi segera dilakukan perbaikan. ITU SEMUA DENGAN CATATAN SELURUH PIHAK YANG TERLIBAT DALAM ORGANISASI MEMILIKI KOMITMEN YANG SAMA YAKNI BERUSAHA SECARA MAKSIMAL DEMI KEPUASAN KONSUMEN.
      Demikian semoga bermanfaat,
      Salam Sukses Penuh Berkah. AAmiin
      Admin

  30. Assalamu’alaikum pak. Saya mau tanya: apa yg membuat para pengusaha tidak dapat mencapai tujuan secara efektive dan efisien?

    Terimakasih

    • Waalaikumusalam, Wr Wb
      Yth Mba Yuliani

      Penyebab para pengusaha tidak dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien adalah paasti tidak menjalankan fungsi fungsi manajemen dengan baik. Membuat perencanaan yang tanpa dukungan data yang akurat, memilih manajer yang tidak pada tempat, cara motivasi yang keliru dan tidak melakukan pengawasan.
      Demikian semoga bermanfaat.
      Salam
      Admin

  31. Selamat siang pak Zainul
    saya ada pertanyaan berkaitan dengan pengambilan keputusan (Decision making)
    begini pak hal dan faktor apa saja yang perlu kita perhatikan dalam pengambilan suatu keputusan jika atasan kita menyerahkan semuanya kepada kita selaku assistannya.
    karena diberi kepercayaan seperti inilah membuat kita sebagai assistant takut jika keputusan yang kita ambil tidak sesuai harapan dan ekspektasi bos atau pimpinan kita.
    karena keputusan ini sangat vital bagi perusahaan.
    mohon tanggapan dan pencerahannya
    Thank in advance

    Dharmawan
    Mahasiswa ASIA Jurusan Akuntansi 2016

    • Selamat siang
      Yth Mas Darmawan

      Suatu berkah jika kita mendapat kepercayaan dari Boss atau Atasan kita untuk meng handle pengambilan keputusan. Artinya Anda dinilai mampu untuk mengeksekusi tugas tersebut.
      Don’t worry, go a head, be smart and be expert. Semoga sukses.
      Jalani sesuai dengan role yang ada di perusahaan, gunakan kecerdasan secara maksimal (baik IQ, EQ dan SQ), banyak melihat mendengar, pelajari dan lakukan evaluasi secara cermat, jika dirasa sudah OK, lakukan EKSEKUSI. Keputusan VITAL, memang biasanya Bos yang mengeksekusi, tapi jika ada bawahan yang sudah berpengalaman dan dapat diandalkan, keputusan VITAL bisa saja didelegasi kepada Bawahan (Juniornya he he he), Selamat mengemban Tugas dan Semoga Sukses dan Penuh Berkah. (Jika boleh tahu Keputusan VITAL itu seperti apa? Mohon konfirmasi) THX
      Salam
      Admin

    • Selamat siang
      Yth Mba Arik

      Chain of command management adalah rantai komando dalam suatu organisasi, Contohnya, Ada kebijakan baru dari Perusahaan tentang BPJS bagi karyawan. Bos perintah ke Kabag HRD agar melakukan sosialisasi BPJS, oleh Kabag HRD melakukan perintah ke Staf HRD mempersiapkan materi ttg BPJS, (materi biasanya sudah ada dari perusahaan BPJS), setelah materi sudah dipelajari, maka dilakukan sosialisasi kepada karyawan dengan cara mengundang pada para Kabag (Keuangan, Personalia, Pemasaran, Produksi Akuntasi dll) untuk melakukan diskusi BPJS, Lalu informasi dari para Kabag duteruskan ke Kepala seksi (para Supervisor) Jika informasi sdh OK, Siap dilakukan Acara Sosialisasi BPJS serentak.
      Demikian semoga bermanfaat.
      Salam

      Admin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s