PENGANTAR BISNIS

POKOK BAHASAN MATA KULIAH: PENGANTAR BISNIS

SEMESTER GANJIL TH AKADEMIK 2014/2015

PERTEMUAN 1       : RUANG LINGKUP BISNIS

  1. PENGERTIAN BISNIS DAN JENISNYA
  2. TUJUAN KEBIJAKAN BISNIS
  3.  KESEMPATAN BISNIS/USAHA
  4. UNSUR – UNSUR PENTING DALAM AKTIVITAS EKONOMI
  5. HAKIKAT BISNIS
  6. MENGAPA BELAJAR BISNIS

PERTEMUAN 2       : PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN

  1. PENGERTIAN PERUSAHAAN
  2. TEMPAT KEDUDUKAN DAN LETAK PERUSAHAAN
  3. PERUSAHAAN DAN LEMBAGA SOSIAL
  4. MACAM-MACAM LINGKUNGAN PERUSAHAAN
  5. PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PERUSAHAAN.
  6. PENDEKATAN DALAM MELIHAT BISNIS DAN LINGKUNGAN

PERTEMUAN 3       : BENTUK-BENTUK BADAN USAHA

  1. BENTUK YURIDIS PERUSAHAAN
  2. LEMBAGA KEUANGAN
  3. KERJASAMA, PENGGABUNGAN DAN EKSPANSI.

PERTEMUAN 4       : KEWIRAUSAHAAN DAN PERUSAHAAN KECIL.

  1. KEWIRAUSAHAAN , WIRAUSAHA, WIRAUSAHAWAN
  2. PERUSAHAAN KECIL, CIRI-CIRI DAN LINGKUNGANNYA
  3. PERKEMBANGAN USAHA WARALABA (FRANCHISING) DI INDONESIA.
  4. PERBEDAAN ANTARA KEWIRAUSAHAAN DENGAN BISNIS KECIL.

PERTEMUAN 5       : MANAJEMEN DAN ORGANISASI

  1. MANAJEMEN
  2. ORGANISASI.

PERTEMUAN 6       : PEMASARAN

  1. PENGERTIAN PASAR DAN PEMASARAN.
  2. JENIS-JENIS PASAR.
  3. KONSEP INTI  PEMASARAN DAN FALSAFAH PEMASARAN.
  4. SISTEM PEMASARAN
  5. BAURAN PEMASARAN
  6. PENDEKATAN DALAM MEMPELAJARI PEMASARAN.

PERTEMUAN 7       : MANAJEMEN PRODUKSI

  1.  PERKEMBANGAN MANAJEMEN PRODUKSI.
  2. ARTI PRODUKSI DAN MANAJEMEN PRODUKSI.
  3. PROSES PRODUKSI
  4. RUANG LINGKUP, FUNGSI, SISTEM DAN OPERASI PRODUKSI.
  5. LOKASI DAN LAYOUT PABRIK.

PERTEMUAN 8       : KONSEP NILAI WAKTU UANG

  1. NILAI WAKTU UANG YANG AKAN DATANG.
  2. NILAI WAKTU UANG SEKARANG.
  3. ANNUITAS

PERTEMUAN 9       : MANAJEMEN KEUANGAN PERUSAHAAN.

  1. PERAN DAN TANGGUNG JAWAB MANAJER KEUANGAN.
  2. PERENCANAAN KEUANGAN.

PERTEMUAN 10     : MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA.

  1. PERKEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA.
  2. PEMANFAATAN SUMBER TENAGA KERJA DAN KOMPENSASI.
  3. HUBUNGAN KERJA DAN PENGORGANISASIANNYA.

PERTEMUAN 11     : AKUNTANSI DAN LAPORAN KEUANGAN.

  1. ARTI, FUNGSI DAN PRINSIP AKUNTANSI.
  2. PIHAK-PIHAK YANG BERKEPENTINGAN.
  3. LAPORAN KEUANGAN, BENTUK, TUJUAN DAN ISINYA.

PERTEMUAN 12        : TEKNIK ANALISIS MERAMALKAN KEBUTUHAN KAS PERUSAHAAN.

  1. KEUANGAN PERUSAHAAN.
  2. ESTIMASI PENJUALAN, PRODUKSI, PEMBELIAN BAHAN, PEMAKAIAN BAHAN BAKU DAN UPAH LANGSUNG.
  3. ESTIMASI HPP, BEBAN PENJUALAN, BEBAN ADMINISTRASI, LABA RUGI DAN KAS.

PERTEMUAN 13     : TANGGUNG JAWAB SOSIAL SUATU BISNIS.

  1. BENTURAN KEPENTINGAN DENGAN MASYARAKAT.
  2. ETIKA BISNIS DAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL.
  3. BENTUK-BENTUK TANGGUNGJAWAB SOSIAL SUATU BISNIS.

PERTEMUAN 14     : BISNIS INTERNASIONAL.

  1. ALASAN MENJALANKAN BISNIS INTERNASIONAL.
  2. TAHAP-TAHAP MEMASUKI BISNIS INTERNASIONAL DAN HAMBATANNYA.
  3.  PERUSAHAAN MULTINASIONAL.

REFERENSI:

  1. BASU SWASTA,IBNU SUKOTJO, 2002,  PENGANTAR BISNIS MODERN, LIBERTY YOGYAKARTA
  2. INDRIYO GITO SUDARMO, 1996, PENGANTAR BISNIS, LIBERTY YOGYAKARTA
  3. KUSNADI, DADANG SUHERMAN, NUR RAHMAN, 1998, PENGANTAR BISNIS NIAGA (DENGAN PENDEKATAN KEWIRAUSAHAAN) STAIN MALANG.
  4. PO ABAS SUNARYA, SUDARYONO, ASEP SAEFULLAH, 2011, KEWIRAUSAHAAN, ANDI YOGYAKARTA
  5. M. FUAD  CHRISTINE H, NURLELA, SUGIARTO, PAULUS YEF, 2000, PENGANTAR BISNIS, GRAMEDIA, JAKARTA.
  6. H.KUSNADI, HMA MARWAN DAN H. SUMEDI KADARISMAN, 2001, PENGANTAR BISNIS DAN WIRAUSAHA, UNIVERSITAS BRAWIJAYA. MALANG
  7. H. BUCHARI ALMA, 2006, PENGANTAR BISNIS, PENERBIT ALFABETA, BANDUNG.

          YOUNGEST BILLIONAIRES OF 2013 (MILYADER MUDA 2013)

           http://www.forbes.com/pictures/edej45fdmhh/no-1-dustin-moskovitz/

YOUNGEST BILLIONAIRES OS 2014 (MILYADER MUDA 2014)

http://news.asiaone.com/news/plush/worlds-top-10-youngest-billionaires-2014

http://www.forbes.com/sites/ryanmac/2014/03/03/the-worlds-youngest-billionaires-2014-31-under-40/

 

6 thoughts on “PENGANTAR BISNIS

  1. assalamualaikum pak, unilever itu apakah termasuk ke dalam jenis holding company, kartel atau apa? seperti yang kita ketahui, unilever selain memproduksi ponds (perawatan wajah) juga memproduksi vaseline (sama-sama produk perawatan wajah)

    terimakasih, wassalam.

    • Waalaikumusalam Wr Wb.

      Kasus Unilever sering dikenal dengan Merk Loan (Kerjasama pinjam Merk agar konsumen lebih cepat mengenal produk yang diiklankan walaupun bukan Produknya UNILEVER) tujuan lain Pesaing baru akan kesulitan untuk menyaingi, semula hanya bersaing satu produk sekarang bisa bersaing dengan beberapa produk.
      Contoh: Mie Instan Indomie dan Sarimi, Aqua dan Total dan banyak lagi.
      Demikian semoga bermanfaat.

      Admin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s